Oke, kita sudah membicarakan kandang ayam kampung di tiga artikel sebelumnya. Karena itu, kita bergerak ke langkah selanjutnya yaitu memilih bibit ayam - yang dimaksud adalah anak ayam kampung.

Bibit ayam kampung memainkan peranan penting dalam kesuksesan usaha beternak ayam kampung skala rumahan. Ada dua jenis ayam yang bisa bedakan secara global disini: ayam kampung petelur dan pedaging. Kedua bibit ayam ini memiliki cara serta penanganan yang berbeda.

Bagaimana tips memilihnya, berikut pemaparannya.

Tips Memilih Bibit Ayam Kampung Pedaging

Bibit ayam kampung pedaging bisa diambil dari DOC ayam petelur, jika Anda memakai metode mulai dari penetasan. Yang patut diingat adalah pilih DOC ayam pedaging hanya dari jenis kelamin jantan.

Kenapa?

Alasannya, ayam jantan relatif lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan ayam betina.

Namun, untuk memilih bibitnya, terapkan tips berikut, yakni:

  1. Pilih bibit ayam yang secara genetik mempunyai produktivitas daging lebih tinggi. Ini bisa didapat dari ayam Bangkok, ayam nunukan, ayam pelung.
  2. Pilih bibit ayam yang sehat dan lincah.
  3. Pilih bibit ayam yang unggul.
  4. Jika membeli bibit ayam dari perusahaan pembibitan, cari dulu informasinya mengenai perusahaan tersebut baik-buruknya. Perusahaan yang telah berpengalaman akan menyediakan bibit ayam yang unggul.
-------

Sekadar catatan: admin pernah membeli bibit ayam dari perusahaan pembibitan yang tanpa mengetahui informasi perusahaan. Hasilnya? Bibit yang admin dapat campur-campur. Ada ayam arab, ayam kampung, ayam broiler, bahkan ayam kate.



Baca selengkapnya Kandang Ayam Kampung untuk lebih lengkap artikel KANDANG AYAM

0 comments so far,add yours