Setelah membicarakan dua cara membuat kandang ayam kampung, yaitu soal kelayakan kandang dan jenis-jenis kandang, sampailah kita pada topik kandang ayam terakhir, yaitu peralatan dan perlengkapan kandang. Peralatan dan perlengkapan kandang intinya sama dengan pembangunan kandang itu sendiri. Biaya harus ditekan, namun tetap dapat menyesuaikan dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Harganya murah 
  2. Konstruksi sederhana sehingga mudah dibersihkan
  3. Berguna dan bermanfaat bagi ayam
  4. Tahan lama, sehingga biaya penyusutan tidak begitu besar
  5. Bisa dibongkar pasang dan mobile

Nah, dari kriteria diatas, sedikitnya ada 5 jenis peralatan dan perlengkapan kandang yang kita butuhkan.

Tempat pakan ayam

Cara Membuat Kandang Ayam Kampung - Bagian III: Peralatan dan Perlengkapan Kandang

Jika Anda akan beternak ayam dengan sistem umbar di dalam satu kandang ayam besar, lebih baik gunakan tempat pakan yang biasa dipakai oleh peternakan ayam broiler komersial. Biasanya bentuk seperti tabung berkapasitas 5 kg. Sebutannya poultry shop. Bisa dibeli di toko-toko pakan ayam. Namun, jika ingin membuatnya sendiri juga bisa. Memakai bambu. Biaya produksi bisa ditekan.

Tempat minum

Ayam kampung membutuhkan air minum dua kali lebih banyak dibandingkan pemberian pakannya. Ini untuk menjaga stabilitas panas yang ada di dalam tubuhnya. Karena itu, tempat minum yang menampung air sangat vital. Tempat minum bisa dibeli toko-toko pakan, atau dibuat sendiri. Terserah pilihan Anda.

Sangkar ayam (petarangan)

Sangkar (petarangan) berguna untuk tempat bertelur dan mengerami telur. Untuk menghemat biaya produksi bisa juga menggunakan kardus, alasnya bisa memakai besek bekas kenduri. Sebaiknya sangkar dibuat seredup mungkin, bisa dipindahkan dengan mudah, sejuk, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta nyaman untuk ayam. Sangkar bisa dibuat secara berkoloni dengan ukuran per unit sangkar selebar 0,6 m. Sedangkan, panjangnha dapat disesuaikan dengan panjang kandang yang dibuat.

Peralatan penunjang

Peralatan ini keberadaannya butuh tak butuh tapi harus ada. Sebab, peralatan penunjang ini berfungsi untuk membersihkan kandang ternak ayam. Bentuknya berupa drum, ember, sapu lidi, sekop, serta cangkul garpu.

Peralatan brooding (pemanas)

Peralatan pemanas digunakan untuk membesarkan anak ayam kampung mulai menetas sampai usia tiga minggu atau bulu tumbuh sempurna. Alat pemanas bisa berupa kandang box yang dilengkapi lampu berdaya 40-100 watt - tergantung iklim dan kapasitas anak ayam kampung.

Demikian, cara membuat kandang ayam secara teknis yang bisa kami paparkan. Adapun kurang lebihnya bisa Anda tambahkan dan improvisasi sesuai referensi budidaya ayam yang Anda miliki.


Baca selengkapnya Kandang Ayam Kampung untuk lebih lengkap artikel KANDANG AYAM




Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: